BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

Wagub Cok Ace Sebut Digitalisasi sudah Dicanangkan Pemprov Bali Jauh Sebelum Pandemi COVID 19

Pemasangan WiFi di Seluruh Desa Adat di Bali, Objek Wisata Serta Tempat Tempat Strategis

(Balidigital.id)-Wakil Gubernur Bali Prof . Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menjadi Keynote speaker dalam acara Temu Responden Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali Tahun 2022, di The Stones Hotel, Kuta, Badung, Jumat (28/10).

Mengawali arahannya, Wagub Bali menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada Kantor Perwakilan BI Provinsi Bali yang menyelenggarakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya bersama dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Bali, terlebih tema yang diangkat ‘Accelerating Digital Economy for Bali’s Inclusive And Sustainability Growth’ sangat tepat dimana digitalisasi menjadi sangat penting dewasa ini dan memberi manfaat yang sangat luas.

Lebih jauh, Wagub Cok Ace menambahkan digitalisasi sesungguhnya sudah dicanangkan Pemprov Bali jauh sebelum pandemi COVID 19 melanda, dimana di tahun 2018 Pemprov Bali sudah melakukan pemasangan WiFi di seluruh desa adat di Bali, objek wisata serta tempat tempat strategis dengan harapan dengan kehadiran WiFi dapat mengembangkan potensi yang ada yang selama ini belum tergarap secara maksimal. Terjadinya pandemi Covid 19 di awal tahun 2020 semakin menguatkan pentingnya digitalisasi. Saat pandemi terjadi sektor perekonomian bergerak dengan digital dan tidak hanya memberi manfaat bagi sektor penjualan tetapi juga pada semua transaksi sehingga manfaatnya sangat luas. Bahkan digitalisasi telah membantu sejumlah UMKM untuk tetap bisa bangkit di tengah pandemi dengan pemasaran maupun transaksi melalui sistem digital. Kekuatan digital sangat luar biasa dan digitalisasi tidak hanya milik pengusaha maupun perusahaan besar bahkan pedagang di pasar, pelaku UMKM sudah merambah ke sektor digital baik dalam pemasaran maupun transaksi dengan menggunakan QRIS.

Untuk itu, Wagub Bali yang juga menjabat sebagai Guru Besar ISI Denpasar ini mengajak semua kalangan untuk mendukung penggunaan cashless dalam bertransaksi baik menggunakan aplikasi QRIS maupun aplikasi BaliPay serta memanfaatkan digital dalam pemasaran produk.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bali Trisno Nugroho turut dihadiri oleh Anggota DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya, Duta Besar Keliling RI untuk Pasifik Tantowi Yahya, Kepala BPS Provinsi Bali Hanif Yahya, para ketua asosiasi serta OPD di lingkungan Pemprov Bali.

(AGP/B.U)

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel

klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

 

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF