BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

Tips Hindari Tahu Crispy Tidak Mengembang Saat Digoreng

KOMPAS.com – Salah satu kegagalan yang sering dialami saat menggoreng tahu crispy adalah tahu tidak berhasil mengembang dan tidak renyah atau lembek. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena proses memasukkan tahu terlalu banyak ke dalam wajan penggorengan. Menurut Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto, saat menggoreng pun pastikan tahu memiliki jarak yang cukup satu sama lain. Jangan masukkan tahu terlalu banyak sekaligus.

“Kalau kebanyakan (tahu) dia minyaknya akan campur air yang keluar dari tahu. Tapi kalau persentase minyak sama tahunya lebih sedikit (tahu), artinya ada ruang untuk bikin krispi,” kata dia ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (9/6/2021). Maka dari itu, usahakan untuk menggunakan minyak yang cukup banyak saat menggoreng tahu crispy. Pastikan seluruh permukaan tahu bisa terendam dalam minyak agar kematangan tahu merata dan tahu pun berhasil mengembang.

Goreng tahu 30 menit

Selain itu, tahu juga bisa tidak mengembang jika kamu tidak memiliki kesabaran yang dibutuhkan. Menggoreng tahu crispy memang membutuhkan waktu yang lama. Seorang ibu rumah tangga bernama Heni mengaku memerlukan waktu sekitar 30-40 menit dari awal menggoreng hingga tahu benar-benar matang bersama tepungnya. Ia sendiri cukup sering membuat tahu crispy untuk camilan di rumah. “Banyak yang enggak sabar ya. Memang capek sih bikinnya. Harus sering diaduk apalagi kalau dia udah dituang tepung. Kalau enggak diaduk gosong sebelah aja terus tepungnya enggak rata,” papar Heni pada Kompas.com, Kamis (10/6/2021). Ada orang yang tidak sabar ketika menggoreng sehingga ia terlampau cepat menuangkan larutan tepung ke dalam gorengan tahu.

Dalam membuat tahu crispy memang dibutuhkan beberapa kali proses penuangan larutan tepung encer ke dalam wajan ketika tahu sedang digoreng. Langkah ini dilakukan untuk menghasilkan lapisan tepung yang renyah. Menurut Heni, jika larutan tepung dituang terlalu cepat maka akan membuat tahu masih terlalu empuk di bagian dalamnya. Lapisan luarnya pun tidak akan terlalu garing, alhasil akan cepat lembek ketika sudah dingin.

Jenis tahu yang salah

Selain itu, penggunaan jenis tahu yang tepat juga sangat memengaruhi apakah tahu bisa renyah dan mengembang. Menurut Gatot, jenis tahu yang paling baik untuk membuat tahu crispy adalah jenis tahu sumedang atau tahu pong. Kedua jenis tahu tersebut akan sangat mudah renyah di luar, tapi kosong atau kopong bagian dalamnya. Jika tak ada, bisa juga menggunakan tahu putih biasa. Jangan gunakan tahu kuning karena kurang cocok diolah menjadi tahu crispy. Nanti tahunya akan kurang renyah dan tidak mengembang.

Penulis : Syifa Nuri Khairunnisa
Editor : Yuharrani Aisyah
Sumber : Kompas.com

(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *