BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

Siswa, Lakukan 3 Hal Ini Jika Terjadi Gempa Bumi

Denpasar, (NS7) – Indonesia termasuk negara yang rawan terjadi beberapa bencana alam. Salah satunya bencana alam gempa bumi. Bahkan beberapa kali peristiwa gempa bumi di Indonesia menyebabkan korban jiwa yang tak sedikit.

Salah satu penyebab sering terjadi gempa bumi karena Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk dalam kawasan Cincin Api Pasifik atau Ring of Fire.

Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi daerah yang rawan terjadi bencana alam gempa bumi. Pendidikan mitigasi bencana harus diajarkan sejak dini, anak-anak sekolah dasar (SD) perlu dibekali pengetahuan agar mereka mengetahui langkah yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam.

Dilansir dari laman Direktorat SD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ada beberapa hal yang harus dilakukan siswa saat terjadi gempa bumi.

Yuk simak bersama informasi ini.

  1. Tetap tenang Hal pertama yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi adalah tetap tenang. Carilah tempat untuk berlindung dari reruntuhan contohnya meja di sekitar kelas.
  2. Berlindung Siswa bisa berlindung dengan cara menggunakan benda di sekeliling untuk melindungi kepala dan leher dari reruntuhan.
  3. Bertahan Saat siswa berlindung di bawah meja, bertahanlah sambil berpegangan sampai guncangan berhenti. Saat gempa bumi terjadi, lindungilah kepala dari kemungkinan reruntuhan.Kamu bisa menggunakan beberapa alat ini untuk melindungi kepala, yaitu:
    • Meja sekolah yang kuat
    • Tas sekolah (yang berisi buku-buku)
    • Buku sekolah yang tebal Selain itu, yang harus diperhatikan yaitu lokasi titik kumpul. Bila gempa berhenti dengan tetap melindungi kepala, siswa harus segera keluar ruangan kelas atau sekolah menuju Titik Kumpul.

Jika gempa bumi terjadi, siswa harus mengikuti petunjuk guru. Demikian informasi terkait apa yang harus dilakukan siswa saat terjadi gempa bumi.

Sumber : kompas.com
(GC/ES)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF