BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

Sambangan Secret Garden

Surga Tersembunyi di Pulau Dewata

Buleleng, (NS7) – Sambangan Secret Garden terletak di utara Bali, 15 menit dari kota Singaraja. Cukup jauh jika dari Bandara Ngurah Rai, akan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan. Lokasi ini menakjubkan dan memiliki beragam penghuni eksotis, mulai dari satwa liar, hutan hingga air terjun.

Sambangan Secret Garden memiliki 7 air terjun alami dengan lokasi yang terpisah. Terdapat pula kolam alami atau natural pool yang biasa disebut dengan nama Blue Lagoon. Namun tidak semua air terjun bisa Anda kunjungi, dikarenakan keterbatasan akses menuju lokasi.

Air terjun yang pertama adalah Aling-Aling, air terjun yang paling terkenal dari semua air terjun yang ada di Sambangan Secret Garden dan berdiri di ketinggian 35 meter yang paling tinggi pula. Namun air terjun Aling-Aling ini dianggap memiliki air yang suci jadi Anda tidak bisa berenang disini.

Kedua adalah air terjun Kroya, dari sinilah sebenarnya kesenangan dimulai. Karena merupakan air terjun yang paling cantik di Sambangan Secret Garden ini. Setibanya disana, Anda bisa pacu adrenalin dengan melompat lima meter ke dalam genangan air dan Anda juga bisa meluncur langsung ke air terjun setinggi 12 meter.

Selanjutnya adalah Air Terjun Kembar yakni memiliki dua aliran yang mengalir turun ke permukaan batu setinggi 10 meter. Anda bisa melompat terlebih dahulu ke dalam air sebelum melompat tinggi 15 meter dari Air Terjun Pucuk.

Terakhir adalah Blue Lagoon yakni kolam alami yang sangat cantik. Nikmati aktivitas berenang di genangan air biru dan tanaman merambat menggantung di antara batu-batu besar yang melengkapinya. Di tengahnya terdapat air terjun kecil dan gua di belakangnya.

Tambahkan foto Air terjun blue lagoon / berenang di blue lagoon

Namun Blue Lagoon ini sulit untuk diakses secara personal, jadi disarankan untuk mengikuti salah satu tur trekking yang akan memandu perjalanan Anda selama di Sambangan Secret Garden.

Simak beberapa tips sebelum berkunjung ke Sambangan Secret Garden:

  • Hindari berkunjung kesini pada saat musim hujan karena akan berbahaya.
  • Rute akses dari area parkir menuju lokasi air terjun terjal dan curam, diharap untuk berhati-hati.
  • Jadi pastikan untuk jaga stamina tubuh dan mengenakan pakaian yang aman.

Lokasi Sambangan Secret Garden

Lokasi Sambangan Secret Garden berada di Desa Sambangan Kabupaten Buleleng, yang hanya berjarak 15 menit jika dari Kota Singaraja.

Rute Menuju Sambangan Secret Garden

Terdapat beberapa cara menuju ke Sambangan Secret Garden, namun para pengunjung biasa menggunakan motor atau mobil. Berikut ini adalah rute menuju Sambangan Secret Garden:

– Motor/Mobil

  • Jika perjalanan Anda dimulai dari Kabupaten Buleleng, maka akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam.
  • Mulailah ambil Jalan Pohasem dan Jalan Raja Ida Made Rai ke Jalan Seririt-Singaraja atau Jalan Singaraja – Gilimanuk di Banjar.
  • Lalu belok kanan ke Jalan Seririt-Singaraja atau Jalan Singaraja-Gilimanuk. Kemudian ambil Jalan Ki Barak Panji ke tujuan Anda yakni Sambangan Secret Garden.

Fasilitas

Fasilitas Trekking yang terbagi menjadi 3 bagian:

 Short Trekking

Trekking ini meliputi berkunjung ke Air Terjun Aling-Aling, Air Terjun Kroya, Air Terjun Kembar, dan Air Terjun Pucuk seharga Rp 125.000 per orangnya.

– Medium Trekking

Membutuhkan waktu antara tiga dan empat jam. Perjalanan dimulai mengelilingi Sambangan Garden, berhenti di rumah penduduk setempat minum kelapa segar, lalu menuju ke Blue Lagoon. Trekking ini seharga Rp 250.000 per orang.

– Long Trekking

Mencakup semua yang ada di Sambangan Secret, dan akan menjadi perjalanan yang panjang. Akan membutuhkan sekitar lima hingga enam jam. Trekking ini seharga Rp 500.000 per orangnya.

Harga Tiket 

Tiket Masuk – Rp 10.000

Sumber : befreetour.com
(GC/ES)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF