BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

Resep Sup Kacang Arab Lemon dan Minyak Zaitun, Santapan Centenarian

Denpasar, (NS7) – Kacang-kacangan termasuk makanan yang dikonsumsi oleh cenetarian atau orang yang umurnya 100 tahun atau lebih. Banyak masakan yang menggunakan kacang-kacangan, sebagian besar mudah dimasukkan dalam pola makan sehari-hari. Salah satunya adalah sajian sup kacang arab ala Mediterania.

Orang-orang Yunani dan Ikaria dianggap sudah menguasai seni mengolah campuran lemon, minyak zaitun, dan aneka herba untuk menghasilkan sajian yang nikmat. Bahan-bahan tersebut kemudian bisa dicampur dengan kacang arab, cocok sebagai alternatif makan sup ayam di cuaca dingin.

Seperti dikutip dari CNBC, kacang-kacangan terbukti bisa mengurangi risiko kematian hingga 8 persen. Kacang-kacangan juga bisa memberikan kandungan karbohidrat kompleks, protein, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Termasuk memberi serat yang dibutuhkan mikrobioma untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Resep sup kacang arab lemon dan minyak zaitun

Bahan

  • 450 gram kacang arab kering, rendam semalaman, bilas dengan air, kupas (bisa pakai 4 kaleng kacang arab rendah sodium, masing-masing berukuran 425 gram, tiriskan)
  • 1 bawang bombai ukuran medium, cincang kasar
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1 lembar daun salam
  • 120 ml extra-virgin olive oil, tambah sedikit untuk penyajian
  • Garam dan lada (opsional)
  • 3 buah lemon, peras airnya

Cara membuat sup kacang arab lemon dan minyak zaitun

  1. Masukkan kacang arab ke dalam panci, tuang air hingga menutupi permukaan kacang arab. Didihkan.
  2. Jika sudah mendidih, angkat panci dari kompor. Saring dan tiriskan, letakkan ke dalam panci yang bersih.
  3. Masukkan bawang bombai, bawang putih, daun salam, minyak zaitun, dan air yang cukup untuk merendam semua bahan. Aduk hingga rata.
  4. Jika kamu menggunakan kacang arab yang kering, bukan kalengan, maka didihkan bahan-bahan. Lalu masak dengan api kecil selama dua jam atau hingga kacang arab lembut.
  5. Jika menggunakan kacang arab kalengan, didihkan bahan-bahan lalu masak dengan api kecil selama 30 menit. Tambahkan beberapa sendok makan air secara berkala agar sup tidak terlalu kental.
  6. Jika sudah matang, angkat panci dari kompor dan buang daun salam. Tambahkan garam dan lada untuk perasa.
  7. Sajikan dengan perasan air jeruk lemon dan minyak zaitun.

Sumber : Kompas.com
(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF