BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

PONDOK EDELWEIS BALI DI KARANGASEM

Karangasem, (NS7) – Bali sebagai destinasi wisata terbaik dunia, menawarkan banyak hal yang bisa anda nikmati sebagai tujuan untuk bersantai, berpetualang atau bahkan untuk sekedar foto selfie yang lagi trend sekarang ini.Untuk itulah banyak dari tangan-tangan kreatif warga dengan memanfaatkan potensi alam yang ada banyak objek wisata baru bermunculan, salah satunya adalah Pondok Edelweis Bali yang terletak di desa Temukus, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Lokasinya di lereng Gunung Agung, sanggup menawarkan suasana alam yang spesial, berbeda, unik dan tentunya spektakuler.

Wilayah topografi Kabupaten Karangasem, selain memiliki kawasan landai yang berbatasan langsung dengan laut, juga terdiri dari perbukitan, yang menawarkan keindahan alam lembah dan perbukitan yang menakjubkan, beberapa diantaranya menjadi tujuan wisata baru, seperti halnya Pondok Edelweis Bali yang terletak di lereng gunung, ada juga bukit Putung, Bukit Guungan, Bukit Asah dan bukit Nampo. Semuanya akan melengkapi kegiatan wisata anda saat mengagendakan jalan-jalan tour di kawasan Bali Timur. Dan yang terbaru di kawasan lereng Gunung Agung ini adalah Taman Jinja Bali, lokasinya hanya sekitar 800 meter dari Pondok Edelweis Bali.

Wisata Selfie Di Pondok Edelweis Bali Karangasem

Objek wisata Pondok Edelweis Bali memang dirancang kreatif oleh warga dengan mengandalkan pemandangan alam pegunungan dan lembah-lembah cantik di seputaran desa Temukus Karangasem ini, kemudian dibuat tempat-tempat yang dirancang untuk menyediakan sejumlah spot foto selfie yang menjadi trend saat ini, dengan latar belakangan alam pegunungan dan megahnya Gunung Agung berpadu cantik dengan taman-taman bunga seperti padang bunga Kasna yang dikenal sebagai Edelweis dari Bali dan ladang bunga marigold atau gemitir, sehingga membuat Pondok Edelweis Bali tampil cantik mengagumkan.

Di saat bunga Kasna sudah tumbuh dewasa, maka terlihat seperti hamparan permadani putih yang tidak bisa anda temukan dimanapun juga, karena memang bunga kasna yang dipercaya anugerah keindahan dari Tuhan ini hanya bisa hidup baik di desa Temukus saja. Untuk ladang bunga Gemitir mungkin sudah biasa anda temukan yang juga ada di kawasan Bedugul dan Pelaga, namun bunga Kasna hanya bisa anda temukan di desa Temukus ini. Itulah sebabnya Pondok Edelweis Bali di Karangasem ini akan begitu spesial bagi wisatawan, termasuk juga bagi warga lokal Bali sendiri.

Suasana alam di sekitar Pondok Edelweis Bali tergolong cukup spesial, terutama mereka yang biasa bermukim di dataran rendah dan identik dengan udara yang panas dan menyengat, tentu akan merasakan alam spesial ketika berada di sini. Pondok Edelweis Bali di Karangasem ini berada di dataran tinggi pegunungan akan membuatnya berhawa sejuk bahkan cenderung dingin, apalagi ketika kabut turun menyelimuti kawasan ini layaknya seperti pemandangan alam di luar negeri, dengan berbagai spot selfie yang disediakan di Pondok Edelweis Bali anda bisa mengabadikan wisata anda, baik itu dengan keluarga ataupun pasangan tercinta.

Pondok Edelweis Bali masih merupakan objek wisata baru di Karangasem, namun demikian keberadaanya begitu cepat populer, ini dikarenakan apa yang ditawarkan memang spesial, bahkan banyak warga lokal yang tidak menyangka ada keindahan tersembunyi yang wajib untuk dinikmati. Sedangkan bagi wisatawan yang kebetulan liburan di Bali, bisa mengagendakan tour ke kawasan Bali timur atau Karangasem, terutama dengan tujuan objek wisata Besakih, Pondok Edelweis Bali juga berdekatan dengan aktifitas rafting di sungai Telaga Waja dan juga pemandangan sawah terasering di Sidemen Karangasem.

Hamparan lembah putih yang dibentuk oleh taman bunga Kasna memang menjadi primadona di kawasan ini, namun demikian kecantikan taman bunga tersebut tidak bisa dinikmati sepanjang waktu, karena biasanya berdekatan dengan hari raya Galungan bunga tersebut dipanen untuk dijual sebagai pelengkap sarana upacara keagamaan. Jadi waktu yang tepat menikmati kawasan desa Temukus dengan lembah-lembah bak permadani putih, sekitar sebulan sebelum hari raya Galungan. Namun demikian Pondok Edelweis Bali masih menawarkan keindahan lainnya seperti taman bunga marigold, sejumlah spot foto selfie, serta suasana alam sekitar yang cantik.

Pondok Edelweis Bali selain sebagai tempat wisata foto selfie yang instagramable seperti ada menara Edelweis, ayunan kayu dan jembatan penghubung pondok, juga memiliki sarana Peken (pasar) Edelweis yang mana di spot tersebut dijual berbagai komoditi yang dihasilkan dari ladang kebun warga di desa Temukus. Sehingga Pondok Edelweis Bali sekarang menjadi ikon wisata baru di wilayah Karangasem, bisa dimasukkan dalam agenda tour berikutnya saat anda mengemas acara jalan-jalan tour ke kawasan Besakih.

Harga Tiket Masuk Dan Akses Ke Pondok Edelweis Bali Di Karangasem

Pondok Edelweis Bali lokasinya berdekatan dengan objek wisata Pura Besakih terpaut jarak sekitar 2 km, sehingga jika anda mengagendakan tour di bali dengan tujuan Pura Besakih atau kebetulan bagi warga lokal yang sedang melakukan persembahyangan di Pura tersebut, maka anda bisa mengunjungi Pondok Edelweis Bali lebih dekat, hanya sekitar 7 menit berkendara anda sudah akan tiba di lokasi, jalan ke lokasi cukup menanjak karena menuju lereng Gunung Agung, jalannya agak sempit untuk dilalui dua mobil, dan berikut peta lokasi Pondok Edelweis Bali di google maps.

Desa Temukus yang menjadi lokasi Pondok Edelweiss ini memang potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata, sehingga tidak mengherankan sejumlah objek wisata baru bermunculan di kawasan ini, diantaranya Taman Sari Bali, Taman Jinja Bali dan berdekatan juga dengan Anjungan Lembah Gintungan, yang lokasinya berdekatan dengan objek wisata pura Besakih Karangasem.

Harga tiket masuk ke objek wisata Pondok Edelweis Bali Rp 10.000/orang, retribusi parkir mobil Rp 5.000/mobil dan Rp 2.000/sepeda motor.

Sumber : balitoursclub.net
(GC)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF