BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

P20ParlementerForum, Puan Ajak DPR BangunMultilateralisme Kerja sama

(balidigital.id)-G20 ke-8ParlementerPertemuan Speakers’ Summit (P20) yang merupakan rangkaian kegiatan KTT G20 (KTT) akan dibuka secara resmi pada Kamis 6 Oktober 2022 di Gedung DPR RI. Rangkaian acaranya sendiri akan digelar selama tiga hari mulai 5 Oktober hingga 7 Oktober 2022.

Dalam agendaParlementerForum Dalam Rangka G20 pada KTT P20 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/10/2022) ini, Ketua DPR RIPerwakilan, Dr. (HC) Puan Maharani dalam sambutannya mengatakan bahwa kekuasaan DPR dimewakilisuara rakyat memberikan legitimasi terhadap upaya-upayapemerintahmasing-masing negara dalam menjalankan politik luar negerikomitmendankerja samaantar negara.

Legitimasi parlemen akan diarahkan untuk menyelamatkan kehidupan masyarakat global ke arah yang lebih baik, dengan hidup sejahtera, damai, dan bermartabat.berkelanjutanbumi. Legitimasi parlemen akan diarahkan untuk menyelamatkan kehidupan masyarakat global menjadi lebih baik, dengan hidup sejahtera, damai dan memiliki bumi yang berkelanjutan. .” kata Ny.

Untuk alasan ini,multilateralismedikatakan sangat dibutuhkan untuk membangun kerja sama yang efektif antar negara. Puan menilai multilateralisme dapat menjawab berbagai persoalan sepertimendamaikanperang dagang, rekonsiliasigeopolitikkonflik, mengatasi krisis pangan dan energi, pertempuraneksploitasi, dan membangun kemajuan bersama.

“Indonesia mengundang parlemen P20, melaluimultilateralisme, untuk mencari solusi dan mufakat dalammengantisipasiresesi ekonomi, mengatasi efek menakutkan dari gejolak ekonomi global. Selain itu juga untuk mempercepat perekonomiantransformasiuntuk menciptakan kesejahteraan masyarakat yang lebih luas, serta memperkuat G20orkestrasidalam memindahkanberkelanjutan perkembanganagendanya,” tambah Puan.

Lebih-lebih lagi, komitmen diharapkan tidak hanya dalam bentuk kata-kata, tetapi dalam pekerjaan nyata. “Dengan komitmen seperti ini diharapkan masing-masing negara bersinergi dalam membangun kekuatan bersama dan tidak menghasilkan rivalitas atau dominasi. Kerja sama antar negara juga dibangun atas dasar saling percaya,” jelasnya.

Sebagai tambahan,parlementerdiplomasi juga dianggap memiliki peran penting dalam menumbuhkan danpenguatankepercayaan dan rasamemahamidalam hubungan antar negara. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, Puan mengajak anggota parlemen G20 untuk dapat bersama-sama meningkatkan kapasitas masing-masing negara dalam merespon dan menghadapi permasalahan global.

“Oleh karena itu, parlemen pada kesempatan P20 ini, harus mampu merumuskan agenda, yang dapat meningkatkan kemampuan masing-masing negara dalam merespon dan menghadapi berbagai permasalahan global,” ujarnya.

(AGP/BU)

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel

klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

 

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF