BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

Mengenal Iles-iles, Tanaman Liar Kaya Manfaat yang Dilirik Industri

Denpasar, (NS7) – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya sumber daya alam (SDA). Banyak sekali tanaman yang tumbuh subur di nusantara, salah satunya iles-iles.

Tanaman ini merupakan tumbuhan liar yang sering ditemui di pinggir hutan jati, di bawah rumpun bambu, di tepi sungai atau di semak belukar.

Meski tumbuhan liar, iles-iles memiliki banyak manfaat, terutama di bidang industri dan kesehatan. Tanaman yang dianggap sebagai gulma ini mengandung glukomannan jika umbinya diolah menjadi tepung.

Karena manfaatnya, iles-iles mulai dilirik industri karena memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan. Selain itu,Iles-iles juga mampu menghasilkan karbohidrat dan tingkat panen yang tinggi.

Rasanya yang netral dapat diolah menjadi karbohidrat rendah kalori dan dapat dipadukan dengan bahan makanan lain. Iles-iles juga bermanfaat untuk menekan kadar gula darah dan mengurangi kolesterol.

Tak hanya itu, iles-iles juga memiliki kandungan serat tinggi. Tanaman ini diercaya dapat mencegah kanker usus, diabetes dan kesulitan buang air besar.

Di negara seperti Filipina, iles-iles diolah menjadi tepung untuk bahan baku pembuatan roti. Sementara di Jepang, iles-iles diolah menjadi mi instan atau pelengkap sajian sukiyaki.

Di Indonesia, tanaman ini diolah menjadi beras atau biasa disebut beras Shirataki. Saat ini, olahan itu sangat digemari mereka yang sedang menurunkan berat badan karena kandungan kalorinya rendah.

Sumber : pangan.sariagri.id
(GC)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF