BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

Kembangkan Rumah Sampah Digital Guna Membantu Permasalahan Pemilahan Sampah Di Desa Nyambu Melalui Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK-Ormawa) Senat Mahasiswa Fakultas Teknik (SMFT) Universitas Udayana

(balidigital.id)-PPK ORMAWA merupakan program pembinaan ormawa oleh Perguruan Tinggi (PT) yang diimplementasikan dalam pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Dalam PPK Ormawa SMFT yang beranggotakan sebagai berikut,

Teknik Mesin: 1. Komang Gede Darmayasa (Ketua Program), 2. I Gede Nengah Wika Gunawan, 3. Johanes Nicolas Hutapea, 4. Dewa Made Dwi Adnyana Putra, 5. Made Edwin Wismaya, 6. Bagus Gede Edy Triana Adi Jaya, 7. Ferdy Gilang Pratama, 8. Jerry Antoline Clain, 9. Muhamamd Veros Diega, 10. Kevin Daniel Markheshiwan.

Teknik Elektro: 1. I Made Muliarta, 2. I Gusti Ngurah Rama Putra

Teknologi Informasi: 1. I Made Sundhias Yogi Dipa, 2. Akbar Fernando Ndabung

Tekink Lingkungan: 1. Made Rasmika Werdhi Nugraha

dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr.Eng. Made Sucipta, ST, MT merupakan Dosen Teknik Mesin Universitas Udayana.

Pada Sabtu (20/8/2022), Tim PPK Ormawa sudah terlaksana yaitu sosialisasi program, serah terima tim PPK Ormawa dan edukasi pemilahan sampah. Pada kesempatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Nyambu, Kepala Dusun Se-Desa Nyambu, Pengurus Bank Sampah Desa Nyambu, STT Se-Desa Nyambu, Pengurus Inti Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Dosen Pendamping, Perwakilan dari PT, dan PKK Se-Desa Nyambu selaku sasaran Program tersebut.

Dalam sambutanny, Dr.Eng. Made Sucipta, ST, MT selaku DPL menyampaikan tujuan serta harapan adanya PPK Ormawa SMFT di Desa Nyambu. Selain itu pihaknya juga menyampaikan pelaksanaan program ini meliputi pengabdian terkait pengolahan sampah yang akan dilakukan dengan bantuan sistem aplikasi dan berupa mesin cacah sampah.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Teknik Universitas Udayana, Ir. I Nyoman Bidiastra, M.Erg., M.Kesjuga menyampaikan harapan adanya PPK Ormawa SMFT di Desa Nyambu. Pihaknya juga menyampaikan inisiasi untuk pengembangan Pengolahan Sampah Desa Nyambu serta menyerahkan mahasiswa PPK Ormawa SMFT kepada Desa Nyambu, yang dalam hal ini disambut dan diterima secara antusias oleh Kepala Desa Nyambu Bapak I Nyoman Biasa.

Tim PPK Ormawa memperkenalkan programnya melalui presentasi dari anggota PPK Ormawa yang disaksikan bersama oleh seluruh hadirin. Presentasi ini menampilkan program PPK Ormawa menunju pada pengoptimalisasian manajemen pengolahan sampah di Desa Nyambu melalui Rumah Sampah Digital yang dalam hal ini mahasiswa PPK Ormawa mencetuskan sebuat aplikasi “Nyambu Bersih”.

Nyambu Bersih merupakan sebuah aplikasi bank sampah yang dibuat oleh PPK Ormawa SMFT yang didedikasikan kepada masyarakat Desa Nyambu untuk pengembangan manajemen pengolahan sampah Desa Nyambu. Mahasiswa PPK Ormawa berperan sebagai fasilitator kemitraan untuk pengembangan manajemen pengolahan sampah dan pemasaran hasil olaharan tersebut.

Selain itu, presentasi juga menampilkan fungsi sistem yang dirancang oleh mahasiswa PPK Ormawa, fitur-fitur yang akan dapat diakses oleh masyarakat Desa Nyambu serta bagaimana cara sistem tersebut berkerja sehingg merubah Pekerjaan Rumah (PR) menjadi Rupiah (RP) yang dihasilkan oleh masyarakat masing-masing ke depannya.

Dalam acara ini juga pihak Bank Sampah Sedap Malam sebagai kemitaraan Bank Sampah Nyambu, menyampaikan jenis-jenis serta komposisi sampah yang harus dipilah dan dapat dijual ke Pasaran. Sekaligus pada kesempatan ini melakukan pertandatanganan Surat Perjanjian Kemitraan (MoU) dari kedua pihak dari Perbekel Desa Nyambu dan juga Ketua Bank Sampah Sedap Malam.

Dalam kegiatan ini mahasiswa PPK Ormawa SMFT didukung penuh oleh para pemuda dan pemudi di Desa Nyambu. Diharapkan program PPK Ormawa ini dapat berjalan sesuai dengan rencana. Selain itu, diharapkan anggota PKK dan Bank Sampah Desa Nyambu ikut serta mendukung program ini sehingga mendapatkan hasil sesuai target.

(AGP/BU)

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF