BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

Hadiri Ramah Tamah HUT Kemerdekaan RI, Wagub Doakan Para Veteran Panjang Umur

Denpasar-(balidigital.id) – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dengan tulus mendoakan veteran pejuang kemerdekaan yang masih diberi kesehatan dan bisa menyaksikan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2022. Ia mendoakan agar para panglingsir pejuang kemerdekaan diberi umur yang panjang sehingga mereka bisa berbagi pengalaman tentang perjuangan yang mereka lalui dalam merebut kemerdekaan. Doa itu disampaikan Wagub Cok Ace pada acara ramah-tamah HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Halaman Kantor Gubernur Bali, Rabu (Budha Kliwon Matal), 17 Agustus 2022.

Wagub Cok Ace mengaku tak pernah bosan mendengar cerita para veteran yang begitu ia muliakan. “Pengalaman saat berjuang yang diceritakan yang mulia para panglingsir luar biasa dan sangat penting artinya bagi kami,” ujar Wagub Cok Ace sembari menghaturkan terima kasih kepada para veteran yang bertaruh jiwa dan raga dalam upaya merebut kemerdekaan. Ia juga merasa sedih karena jumlah veteran dari waktu ke waktu terus berkurang. “Satu demi satu panglingsir veteran meninggalkan kita. Oleh sebab itu, kami mendoakan agar yang masih tersisa diberi kesehatan dan umur dan panjang sehingga pesan-pesan perjuangan akan bisa kami dengarkan di masa-masa yang akan datang,” ucapnya. Kendati sebagian telah gugur, Wagub Cok Ace yakin semangat juang para veteran yang masih ada tak pernah redup. Ia berharap, panglingsir veteran meneruskan perjuangan sesuai kapasitas dan kemampuan yang dimiliki.

Masih dalam sambutannya, Wagub Cok Ace juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para pemuda dan pemudi yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bali Tahun 2022. Mereka dinilai telah mampu menjalankan tugas dengan disiplin, tertib dan penuh rasa iklas. “Kalian adalah pemuda dan pemudi terpilih dengan kemampuan di atas rata-rata yang telah digembleng dalam pemusatan latihan,” ujarnya. Guru Besar ISI Denpasar ini berharap, apa yang diperoleh selama mengikuti pemusatan latihan bermanfaat bagi diri masing-masing dan juga lingkungan sekitar. “Jangan berhenti hanya sampai pada acara hari ini, sebarkan apa yang kalian peroleh selama pelatihan hingga menyelesaikan tugas pada upacara peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus,” pesannya sembari mendoakan agar seluruh anggota Paskibraka Tahun 2022 masuk perguruan tinggi yang diharapkan dan dapat meraih impian masing-masing. Bahkan, ia berharap salah satu dari mereka kelak menjadi Gubernur atau Wakil Gubernur.

Selanjutnya, Wagub Cok Ace menyapa para raja nusantara yang turut hadir dalam acara ramah tamah itu. Ia menyampaikan selamat datang dan berharap keberadaan para raja nusantara memberi vibrasi positif bagi Daerah Bali yang saat ini sedang berjuang bangkit dari keterpurukan akibat dampak pandemi Covid-19. “Kehadiran yang mulia sangat membahagiakan dan memberi semangat bagi kami untuk bangkit. Di sela-sela mengikuti agenda organisasi, silahkan nikmati keindahan alam Bali,” sarannya.

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Daerah Bali I Gusti Bagus Saputera SH dalam sambutannya menegaskan kalau kemerdekaan yang diraih Bangsa Indonesia bukan hadiah dari Jepang. Dengan semangat berapi-api, veteran 92 tahun itu menceritakan kembali perjuangan yang ia lalui. Ia berpesan agar generasi muda meneruskan perjuangan mengisi kemerdekaan sehingga Indonesia menjadi bangsa yang tangguh dan tak bisa dikalahkan. “Tahun ini genap 77 tahun Indonesia merdeka, selama kurun waktu itu banyak suka duka, tantangan dan hambatan yang dilalui. Tapi bangsa kita tetap tegak dan tak bisa dikalahkan oleh apapun,” pungkasnya.

Acara ramah tamah diwarnai dengan pemotongan tumpeng oleh Wagub Cok Ace dan potongan pertama diberikan kepada Ketua LVRI I Gusti Bagus Saputera. Acara ramah tamah juga dihadiri Bhagawan Putra Natawangsa Pemayun dan jajaran Forkopimda Provinsi Bali.(AGP/BU)

Baru! Tayangan Video dari Bali Digital Channel
klik: https://s.id/BaliDigitalChannel

#BaliDigitalChannel #Nusantara7

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF