BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

Google Maps di iPhone Dapat Fitur Mode Gelap

Denpasar, (NS7) – Google resmi menghadirkan tampilan serba gelap, alias Dark Mode di aplikasi navigasi Maps versi Android pada Februari lalu. Kini, mode gelap tersebut akhirnya menyambangi aplikasi Maps versi iOS. Seperti namanya, pengguna iPhone bisa mengaktifkan mode tersebut untuk membuat tampilan antarmuka Maps menjadi lebih nyaman dipandang. Selain itu, mode gelap juga diyakini dapat menghemat penggunaan baterai.

Untuk mengaktifkan Dark Mode di Maps versi iOS, pengguna hanya perlu mengaktifkan tampilan tersebut melalui menu pengaturan (Settings). Setelah dinyalakan, maka tampilan Maps akan disulap menjadi serba hitam, dengan jalanan yang tampak dihiasi dengan dengan warna abu-abu kebiruan yang sedikit lebih terang namun tidak mencolok mata.

Apabila tampilannya sama dengan Maps versi Android, maka Dark Mode di Maps versi iOS sendiri akan menampilkan penanda situasi lalu lintas dengan warna yang berbeda. Di antaranya seperti warna merah untuk situasi kemacetan, kuning menandakan adanya hambatan, hijau artinya kondisi jalanan lancar, dan lain sebagainya.

Selain Dark Mode, Google juga menghadirkan dua fitur Maps lainnya di iOS, salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna berbagi titik atau lokasi real-time (live location) langsung melalui aplikasi perpesanan iMessage.

Ada pula fitur dua widget baru, masing-masing berfungsi untuk melihat kondisi keramaian jalanan terkini, dan mencari tempat atau destinasi yang ingin dituju tanpa harus membuka aplikasi Maps. Perlu dicatat, tiga fitur baru di Maps versi iOS tersebut untuk saat ini masih digelontorkan secara bertahap ke sejumlah perangkat oleh Google, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GoogleBlog, Kamis (5/8/2021). Artinya, pengguna iPhone yang belum mendapatkannya harus bersabar sedikit hingga aneka fitur anyar itu muncul di aplikasi Maps mereka.

Sumber : kompas.com
(GC)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF