BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

Daun Keji Beling, Tanaman Eksotis yang Bisa Redakan Stres Hingga Cegah Kanker

Denpasar, (NS7) – Daun keci beling mungkin masih asing terdengar, tanaman yang lebih dikenal dengan daun sambang geteh ini merupakan jenis tanaman lembab, sehingga mudah ditemukan di sekitaran sungai.

Tanaman dengan nama latin Strobilanthes crispa ini mempunyai warna hijau pekat dengan bulu halus di permukaannya. Dalam daun keji beling mengandung berbagai nutrisi penting yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan obat alami mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Beberapa kandungan senyawa yang terdapat di dalam daun keji beling antara lain Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, Glikosida, Fosfor, Tannin, Ferum, Natrium, Kalium dan Kalsium.

Berdasarkan penelitian dari Universiti Sains Malaysia di Kelantan, Daun keji beling sudah banyak diolah dan dipasarkan sebagai obat herbal. Adapun manfaat dari daun keji beling, di antaranya:

  1. Menangani batu ginjal

Mengutip jurnal dari International Food Research Journal, daun keji beling dipercaya ampuh sebagai obat alami menangani batu ginjal. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menempelkan daun yang telah dipanaskan pada bagian pinggul. Namun memang manfaat ini masih bersifat anekdotal dan masih membutuhkan kajian lebih lanjut secara medis.

  1. Dapat mengobati luka

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2009, daun keji beling bermanfaat dalam menyembuhkan luka. Penelitian itu melalui ujicoba pada tikus yang memiliki sengaja diberi luka sayatan.

Setelah itu para peneliti menaruh ekstrak daun keji beling pada luka di tikus dan hasilnya pun langsung sembuh. Daun ini ternyata dapat memicu produksi kolagen, sehingga pembentukan jaringan kulit baru lebih mudah terjadi.

  1. Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan keadaan seseorang susah buang air besar (BAB). Nah, memanfaatkan keji beling yang kamu ramu dengan teh dipercaya dapat mengatasi sembelit. Zat alami yang terkandung di dalamnya cocok untuk mengatasi sembelit dan membersihkan saluran pencernaan dengan lebih alami.

  1. Meringankan depresi

Kamu bisa mengatasi gangguan stres dengan daun keji beling. Senyawa yang terkandung di dalamnya mampu memberikan efek nyaman dan dingin pada tubuh sehingga bisa terhindar dari depresi.

Rebus 5 hingga 8 lembar daun keji beling bersama tiga gelas air. Airnya dapat dikonsumsi sekitar dua kali dalam sehari. Rebusan teh keji beling akan memberikan efek tenang dan nyaman, terutama bagi orang tua atau dewasa yang memiliki banyak masalah dan stres hingga depresi.

  1. Obat wasir

Melansir dari BMC Complemental Tern Med, daun keji beling dipercaya bisa mengobati wasir. Senyawa aktif yang ada di dalamnya kerap dijadikan sebagai pengobatan alternatif. Jadi kalau kamu ingin menyembuhkan wasir secara alami tanpa efek samping, kamu patut mencoba daun ajaib ini.

  1. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang paling mematikan di dunia. Penyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang ada di keci beling dapat menangkal efek buruk radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit kanker.

  1. Mengatasi diabetes

Daun keji beling bisa membuat seseorang tercegah dari diabetes. Menurut penelitian pada tahun 2006, jus daun keji beling mengandung antioksidan dan bisa mengurangi kadar gula darah pada tikus. Meski masih hingga kini masih dalam tahap uji, namun banyak orang sudah memanfaatkannya, loh.

  1. Obat sakit kuning

Warna kuning yang terjadi pada penyakit ini disebabkan oleh pengaruh empedu dan hati yang kemudian cairan tersebut akan masuk ke darah lalu keluar melalui urine. Dengan kandungan senyawa yang dimiliki daun keji beling, jenis penyakit yang menyerang liver ini dapat diatasi dan dicegah muncul kembali ke tubuh.

  1. Mencegah kolesterol

Senyawa kalium serta natrium yang ada dalam keji beling dapat ikut membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Jadi kamu bisa mencoba daun keji beling sebagai obat alami untuk menurunkan kadar LDL dalam tubuh supaya tubuh jadi lebih sehat.

  1. Obat maag

Daun keji beling ini menjadi salah satu daun pereda maag yang akan menetralisir asam lambung. Untuk kamu penderita maag bisa meminum air rebusan daun keji beling secara teratur.

Sumber : sariagri.id
(GC)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF