BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

AIR TERJUN BEJI GRIYA DI PUNGGUL

Badung, (NS7) – Sekarang ini banyak tempat-tempat tersembunyi di Bali yang dulunya tidak begitu populer, kini mulai dikenal kalangan dunia luar, bahkan sebuah air terjun yang letaknya berdekatan dengan pusat kota di Kabupaten Badung, belum begitu populer, namun demikian dengan keindahan alamnya serta keunikan yang disuguhkan wisata alam air terjun tersebut akan membuatnya dengan cepat populer.

Tempat tersebut dinamakan Beji Griya waterfall serta terdapat juga ngarai tersembunyi (hidden canyon), terletak di Banjar Srinadi, desa Punggul, Kecamatan Abiansemal, kabupaten Badung. Cek peta lokasi Beji Griya waterfall di google maps.

Nama air terjun Beji Griya memang belum begitu populer karena memang baru dibuka sekitar bulan Juli 2018, tergolong masih baru dan baru diperkenalkan melalui sosial media oleh para pengunjung objek wisata tersebut, pengunjungpun masih didominasi oleh warga lokal.

Ke depan objek wisata air terjun Beji Griya ini akan menjadi tujuan wisata populer, apalagi lokasinya strategis dan mudah dijangkau, serta berada satu jalur atau searah perjalanan menuju objek wisata Sangeh monkey forest, sehingga wisatawan bisa mengemas paket tour yang menarik.

Daya Tarik Air Terjun Beji Griya Di Punggul

Sebagai objek wisata alam terbaru di kawasan Badung Bali, tentunya air terjun Beji Griya di Punggul ini memiliki daya tarik tersendiri, dan uniknya lagi di kawasan air terjun ini menyuguhkan berbagai macam pemandangan alam menarik.

Selain keindahan air terjun, terdapat juga ngarai atau tebing tersembunyi yang dikenal dengan hidden canyon Beji Griya, selain itu pemandangan sawah terasering yang berada di sekitar air terjun Beji Griya bisa menjadi tawaran yang menarik hanya untuk sekedar bersantai dan menghilangkan rasa jenuh.

Untuk mencapai lokasi, anda bisa menggunakan pedoman dari penanda lokasi di google maps di atas, kendaraan bermotor termasuk mobil bisa langsung parkir di dekat air terjun Beji Griya di Punggul. Sampai di parkiran anda sudah di sambut dengan pemandangan sawah terasering yang cantik dengan nuansa alam hijau, membuat pikiran menjadi sejuk dan fresh.

Kemudian menuruni anak tangga sekitar 50 meter, anda sampai di pura Taman Beji Griya Gede Manuaba Punggul. Pura Taman Beji Griya Gede Manuaba ini digunakan warga untuk prosesi dalam upacara Melasti dan juga saat upacara Pitra Yadnya. Difungsikan oleh warga sebagai tempat melukat, pengunjungpun bisa melukat di tempat ini, dan pakailah pakaian adat ke pura dan sarana banten. Pura tersebut diempon dan dijaga secara turun temurun oleh Griya Gede Manuaba Punggul.

Air terjun Beji Griya di Punggul berada bersebelahan dengan pura Taman Beji tersebut, anda akan disambut dengan pemandangan alam air terjun yang berada di lembah, tinggi air terjun tersebut hanya sekitar 12 meter, aliran air terjun ini menyentuh dinding bebatuan sehingga suara jatuhnya air tidak begitu keras.

Alamnya yang tenang dan hijau membuat air terjun Beji Griya cocok untuk bersantai,selain itu bisa sebagai tempat foto selfie yang ideal, baik itu dari pelataran di pura Taman Beji Griya Gede Manuaba Punggul ataupun langsung di bawah air terjun tersebut. Jika anda suka hunting foto dengan latar belakang alam yang instagramable, objek wisata di bali ini akan ideal untuk anda.

Beji Griya waterfall di Punggul ini sekarang menjadi objek wisata baru dan melengkapi daftar wisata alam air terjun yang ada di Kabupaten Badung. Anda yang suka wisata alam petualangan dan ingin mengeksplorasi tempat-tempat wisata terbaru di Bali, maka tentulah air terjun Beji Griya menjadi tujuan wisata berikutnya.

Apalagi lokasinya terjangkau dengan pusat kota Denpasar sekaligus menjadi objek wisata alam air terjun yang berdekatan dengan pusat-pusat pariwisata Bali seperti Kuta, Seminyak dan Canggu, sehingga anda bisa lebih mudah untuk mengemas acara tour ke kawasan ini.

Hidden Canyon Dan Tempat Melukat Di Beji Griya Desa Punggul

Daya tarik lainnya di kawasan Beji Griya waterfall adalah ngarai atau tebing tersembunyi yang dikenal dengan hidden canyon, anda bisa menikmati keindahan hidden canyon di di pura Taman Beji Griya Gede Manuaba Punggul tersebut, memasuki celah atau lorong sempit seperti sebuah goa, akan menjadi pengalaman yang mengesankan.

Memasuki lorong sempit terasa menguji nyali dan menegangkan ketika anda harus memasuki tempat tersebut sendiri, hanya sedikit cahaya luar yang masuk melalui atas tebing. Agar petualangan anda lebih seru dan fun ajaknya teman atau rekan ikut berpetualang di hidden canyon Beji Griya tersebut.

Memasuki ruangan lembah sempit yang diapit oleh tebing-tebing tinggi tersebut, anda akan disambut guyuran air terjun setinggi 15 meter, sungguh menjadi suguhan yang menakjubkan, di tengah ngarai tersembunyi tersebut anda bisa menyaksikan keindahan alam air terjun, memasuki lebih ke dalam hingga sampai 20 meteran ke dalam lembah, maka anda bisa temukan pusat mata air, sebagai tempat melukat (meruwat) di kawasan Beji Griya.

Di dalam sinilah sebenarnya pusat melukat di kawasan pura beji ini, setelah selesai melukat di hidden canyon sekaligus menikmati wisata petualangan anda barulah melukat di di pura Taman Beji Griya Gede Manuaba Punggul. Ngarai tersembunyi ini tergolong baru ditemukan, karena sebelumnya ditutupi oleh semak belukar. Menurut warga kawasan Hidden Canyon tersebut tempatnya wong samar, warga meyakini tempat tersebut cukup angker, tetapi asalkan dengan niat baik, apapun tersebut akan berjalan lancar, baik itu untuk kepentingan melukat ataupun wisata.

Pemandangan Sawah Terasering Di Air Terjun Beji Griya

Keberadam air terjun Beji Griya di Punggul di dasar lembah dan dikelilingi oleh persawahan hijau. Bahkan di kawasan ini disediakan jalur trekking, sambil bersantai menikmati keindahan alam sawah terasering, ini tentu menjadi daya tarik tersendiri ketika anda berkunjung ke objek wisata tertentu dan anda dapat menikmati banyak hal.

Karena wisata ke objek wisata ini, selain air terjun ada juga hidden canyon , berikut suguhan pemandangan sawah terasering, dan jika anda suka wisata spiritual, maka sekaligus bisa melukat di pura Beji tersebut.

Objek wisata air terjun Beji Griya di Punggul dan hidden canyon dalam balutan sawa terasering yang terhampar hijau di desa Punggul ini menjadi tempat yang ideal bagi anda yang jenuh dengan keramaian dan hiruk pikuk kota.

Nikmati sejenak waktu santai anda, baik bersama keluarga, anak-anak ataupun pasangan terkasih, dapatkan pengalaman seru menyenangkan selama di Beji Griya waterfall. Sementara ini belum dikenakan biaya tiket masuk ke tempat ini, masih berupa donasi seiklasnya. Tempat ini terus ditata dan dibenahi, sehingga kedepannya akan menjadi salah satu objek wisata di Bali yang populer.

Sumber : balitoursclub.net
(GC)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF