BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

6 Cara Masak Ketan Hitam agar Empuk dan Matang Sempurna, Hindari Kesalahan Yogi MasterChef Indonesia

KOMPAS.com – Peserta MasterChef Indonesia Season 8 mendapatkan tantangan mystery box untuk membuat aneka bubur sesuai kreasi masing-masing. Salah satu peserta MasterChef Indonesia Season 8, Yogi, membaut bubur ketan hitam yang ia kombinasikan dengan mixed berries yoghurt. Sajian tersebut mendapat pujian dari para juri mengenai rasa dan kreativitasnya. Namun sayangnya, ketan hitamnya dianggap masih kurang matang alias kurang empuk.

Ada banyak cara untuk memastikan bubur ketan hitam yang dimasak punya tekstur empuk dan matang sempurna. Simak tips masak bubur ketan hitam berikut dari Chef Lucky P. Nugraha dari The Jayakarta Suites Bandung.

  1. Rendam dahulu

Untuk membuat bubur lebih cepat empuk, sebaiknya kamu merendam lebih dulu beras ketan hitam. Rendam beras ketan hitam setelah dicuci bersih. Kamu bisa merendamnya selama sekitar tiga jam menggunakan air biasa. Menurut Lucky, seperti dikutip dari berita Kompas.com, beras ketan hitam akan lebih mudah hancur ketika direbus nanti. Sehingga bisa matang dalam waktu yang relatif lebih singkat. Selain itu, tekstur bubur ketan hitam nantinya juga akan lebih lembut. Tips ini bisa kamu lakukan juga ketika memasak bubur dari beras atau biji-bijian lainnya. Misalnya, beras putih biasa, jagung, atau kacang-kacangan lain.

  1. Masukkan saat air mendidih

Kemudian didihkan air dalam panci. Jika sudah mendidih, baru masukkan ketan hitam yang sudah dicuci dan direndam tadi. Jangan lupa untuk buang air rendamannya lebih dahulu. Masukkan ketan hitam jika air rebusan sudah mendidih.

  1. Jangan pakai api besar

Sementara untuk tingkat api yang digunakan, sebaiknya jangan gunakan api ukuran besar. Cukup gunakan api ukuran sedang. Hal ini berfungsi agar ketan hitam tidak cepat gosong. Api yang terlalu besar akan membuat ketan hitam gosong, tetapi sebenarnya belum matang. Ketan hitam nantinya masih bertekstur keras, tidak empuk, dan belum hancur sama sekali.

  1. Jangan lupa diaduk

Seperti halnya membuat bubur beras biasa, kamu harus terus mengaduk ketan hitam saat dimasak. Pengadukan ini memastikan tidak ada ketan hitam yang mengendap di dasar panci dan akhirnya menjadi gosong.

  1. Rebus dengan daun atau rempah

Kamu juga bisa menggunakan aneka daun atau rempah aromatik saat merebus beras ketan hitam. Daun pandan, jahe, atau ekstrak vanili misalnya. Kamu bisa menyesuaikannya dengan selera. Campuran aromatik tersebut berfungsi menghilangkan aroma asli ketan hitam agar nantinya jadi lebih harum.

  1. Masukkan gula di akhir

Jika ingin membuat bubur ketan hitam manis, tambahkan gula di akhir memasak. Jika ketan hitam sudah hancur dan bertekstur seperti bubur, baru masukkan gulanya. Hal tersebut berguna untuk menghindari gula membentuk kerak di bagian dasar panci. Kerak ini yang akan membuat ketan hitam cenderung cepat gosong.

Penulis : Syifa Nuri Khairunnisa
Editor : Yuharrani Aisyah
Sumber : Kompas.com

(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *