BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

5 Manfaat Susu Kambing, Mencegah Virus dan Sehatkan Paru-paru

Denpasar, (NS7) – Susu kambing sudah lama dikenal dengan khasiatnya. Beberapa keunggulannya adalah untuk mencegah terjangkit virus dan menjaga kesehatan paru-paru.

Konsumen susu kambing memang tak sebanyak susu sapi tetapi soal khasiat, susu kambing punya beberapa keunggulan. Nutrisi dalam susu kambing bisa menjaga kesehatan tubuh.

Dalam 100 ml susu kambing terkandung 64 kalori; 4,3 gram protein; 2,3 gram lemak dan 6,6 gram karbohidrat. Selain itu susu kambing juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, natrium dan kalium.

Tak hanya sering dikonsumsi dalam keadaan segar, susu kambing juga kerap diolah menjadi keju. Soal rasa, susu kambing juga tak kalah lezat. Susu kambing aman dikonsumsi secara rutin, beberapa jenis penyakit bahkan diklaim bisa sembuh dengan mengonsumsi susu kambing.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut khasiat susu kambing.

1. Menambah imunitas

Susu kambing memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisi kompleks. Dalam susu kambing terkandung kalsium, protein dan asam lemak baik. Vitamin A yang berperan sebagai antioksidan juga bisa ditemukan dalam susu kambing.

Susu kambing juga terbukti bisa diserap tubuh dengan cepat, hal inilah yang membuat susu kambing dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika tubuh dalam keadaan sehat dan sistem imun kuat maka virus tidak mudah masuk dan menginfeksi tubuh.

Tentu konsumsi kambing ini harus diiringi juga dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Olahraga teratur, makan berbagai sumber nutrisi, hindari rokok dan pintar memanajemen stress. Tubuh yang sehat tidak akan mudah dimasuki virus.

2. Melancarkan pencernaan

Susu kambing memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah dibandingkan susu sapi. Laktosa dalam susu kambing membuat susu ini mudah diserap tubuh. Selain itu protein susu kambing juga mudah diserap oleh usus.

Susu kambing juga mengandung prebiotik, yakni makanan untuk bakteri baik dalam usus. Perkembangan bakteri baik dalam usus membantu melancarkan sistem pencernaan dan proses metabolisme tubuh akan lebih baik.

3. Menjaga kesehatan paru-paru

Masalah kesehatan paru-paru seperti infeksi paru disebut-sebut bisa perlahan membaik dengan konsumsi susu kambing. Sebenarnya tidak ada kaitan langsung antara konsumsi susu kambing dengan kesehatan paru-paru.

Namun karena berbagai makronutrien dalam susu kambing mudah diserap tubuh, maka imun tubuh akan meningkat. Dengan demikian kualitas kesehatan pun meningkat, bukan tidak mungkin organ dalam tubuh juga bisa berfungsi dengan maksimal, termasuk paru-paru.

4. Menguatkan tulang dan gigi

Di dalam susu kambing terkandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Satu gelas atau 200 ml susu kambing dapat memenuhi lebih dari 100% kebutuhan kalsium harian orang dewasa.

Di dalam tubuh, kalsium berperan untuk memelihara tulang dan gigi. Tak hanya itu, kalsium juga membantu otot untuk bekerja dengan optimal. Susu kambing bisa dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun ke atas dengan porsi yang disesuaikan.

5. Mencegah stres

Susu kambing yang dikonsumsi secara rutin juga mampu mencegah dan mengurangi efek stres. Konsumsi susu kambing dalam keadaan hangat untuk mendapatkan manfaat rileks di tubuh dan pikiran.

Sementara kandungan zinc dan magnesium pada susu kambing dapat memperkuat jaringan saraf dan membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan saraf.

Sumber : detik.com
(ACP/ESS)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF