BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

5 Fakta BTS Meal di McD yang Diburu Army dengan Harga Jutaan Rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com – Kerja sama antara restoran cepat saji McDonald’s dan grup K-pop asal Korea Selatan, BTS, disambut antusias oleh penggemar grup K-pop asal Korea Selatan tersebut, yang dikenal dengan nama Army. Menu BTS Meal berisi paket makanan yang ditawarkan berupa nugget ayam, kentang goreng, dan minuman bersoda yang dikemas dengan kemasan khusus berwarna ungu. Juga disertai dua saus (dipping sauce), saus pedas manis, dan saus Cajun khas Korea Selatan. Selain antrean panjang di sejumlah gerai McD, para Army juga memburu kemasan makanan bekas. Di beberapa marketplace, kemasan bekas makanan tersebut bahkan dihargai fantastis hingga jutaan rupiah.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fakta BTS Meal yang laris diburu fans BTS, Army, di Indonesia:

  1. Antrean Panjang Ojol

Antrean panjang terlihat di berbagai gerai McDonald’s di Indonesia. Selain banyak Army yang menantikan kolaborasi ini, antrean panjang yang dimulai sejak pukul 11.00 WIB di berbagai daerah mendadak menjadi trending topic Twitter dengan hashtag BTSxMcD dan juga #BTSMeal. Mengingat pembelian BTS Meal ini hanya dilakukan melalui pesanan online, wajar saja jika yang mengantre adalah driver ojol. Walau demikian, tidak sedikit para Army yang mengucap terima kasih kepada para driver ojol, bentuknya beraneka ragam, mulai dari kartu ucapan, sepaket minuman, sembako, hingga tips.

  1. Untung Miliaran Rupiah

Penjualan paket makanan hasil kolaborasi dengan BTS pun diproyeksi bakal melampaui hasil penjualan paket makanan kolaborasi sebelumnya. Sebab, popularitas BTS saat ini bisa dikatakan lebih besar dibandingkan dengan kedua figur publik sebelumnya. Dilansir dari Forbes, strategi McDonald’s melalui kolaborasi dengan BTS ini diproyeksi bakal menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah. Hal tersebut tecermin dari kolaborasi McDonald’s dengan beberapa figur publik kenamaan yang sebelumnya juga sudah pernah dilakukan. BTS diketahui memiliki basis penggemar yang cukup besar, terlihat dari jumlah pengikut mereka di Twitter yang mencapai 34,5 juta. BTS sendiri merupakan salah satu grup dengan bayaran termahal di dunia.

  1. Disegel karena Melanggar Protokol Kesehatan

Ramainya ojol yang mengantre di berbagai Gerai McDonald’s membuat pengelola McD sulit untuk mengatur jalur antrean. Beberapa kawasan bahkan sempat dilakukan segel sementara lantaran tidak menerapkan disiplin protokol kesehatan. Di Jakarta, ada 5 gerai yang disegel sementara, dua di antaranya berada di Kecamatan Gambir, dua di Kecamatan Menteng, dan satu di Kecamatan Senen. Kepala Satpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan mengatakan, kerumunan di kelima gerai itu terjadi tak lama setelah promo BTS Meal diluncurkan. “Jadi memang terpaksa kami berikan saksi penutupan sementara karena adanya kerumunan. Kalau mereka melanggar lagi, baru kita kenakan denda Rp 50 juta,” kata Bernard saat dihubungi Kompas.com.

  1. Harga Kemasan Bekas Tak Wajar

Marketplace juga tidak mau ketinggalan momen untuk menjual kemasan BTS Meal dengan harga selangit. Bahkan harga kantong kertas atau paper bags menu BTS Meal dibanderol Rp 1,5 juta. Di Shopee, BTS Meal yang terdiri dari gelas cola, kotak nugget, dan paper bag dibanderol seharga Rp 75.000 hingga Rp 385.000. Sementara jika per buah, untuk gelas coke dihargai mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 350.000. Untuk kotak nugget seharga Rp 35.000 hingga Rp 50.000. Sementara untuk paper bags dihargai mulai dari Rp 20.000, Rp 30.000, Rp 50.000, Rp 100.000, hingga Rp 1,5 juta.

  1. Army

Army berangkat dari kepanjangan Adorable Representative M.C for Youth, berbeda dengan army dalam bahasa Inggris yang berarti tentara, nama ini pun dipilih BTS untuk menjadi sebutan resmi bagi para penggemarnya. Dengan basis jumlah Army yang cukup tinggi di Indonesia, wajar saja kolaborasi McD dan BTS ini ditunggu -tunggu. Menurut pengakuan salah satu Army, produk tersebut kemasannya spesial dan warna ungu yang identik dengan BTS Army. “Yang spesial itu dari packaging yang serba warna ungu, karena identik dengan BTS Army. Sama saus cajun dan sweet chilli yang membuatnya unik,” kata salah satu Army, Aulia Rahman, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/6/2021). “Kemasannya sih oke, menarik ya. Cukup penyegaran buat packaging McD yang biasanya dominan putih merah kuning,” kata penggemar BTS lainnya, Khalisha.

Penulis : Kiki Safitri
Editor : Bambang P. Jatmiko
Sumber : Kompas.com

(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *