BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

5 Cara Membuat Ayam Goreng Tepung agar Renyah Tahan Lama

KOMPAS.com – Ayam goreng tepung bisa dibilang sebagai lauk favorit banyak orang. Pasalnya, ayam goreng ini cocok disantap dengan apa saja, misalnya sambal atau saus tomat.

Sayangnya membuat ayam goreng tepung gampang-gampang susah. Jika metodenya keliru, ayam goreng tepung menjadi tidak renyah dan cenderung alot.

Namun, tidak perlu khawatir, berikut ini Kompas.com ulas cara membuat ayam goreng tepung agar renyah tahan lama. Dengan cara ini, ayam goreng akan tetap kriuk meski sudah dingin.

  1. Rendam ayam terlebih dulu

Mnegutip laman Today.com, untuk menjaga kerenyahan teksturnya, usahakan untuk merendam potongan ayam terlebih dulu di dalam cairan, seperti susu atau buttermilk. Proses perendaman dapat dilakukan setidaknya selama 24 jam.

  1. Gunakan bahan pencelup

Dikutip dari buku “21 Resep Ayam Goreng Tepung Renyah dan Krispi” oleh Redaksi Sajisedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, kunci kerenyahan ayam goreng tepung yakni pada bahan pencelupnya.  Setelah dimarinasi dengan bumbu, potongan sebaiknya direndam atau dicelupkan dahulu ke bahan pencelup. Kamu dapat menggunakan air es, larutan tepung, putih telur, dan juga susu sebagai bahan pencelupnya.

  1. Gunakan tepung baluran


Ada beberapa jenis tepung yang dapat digunakan untuk baluran ayam goreng.  Tepung tersebut ialah tepung terigu protein sedang, tepung beras, tepung sagu, dan tepung maizena.  Guna menambah kerenyahan teksturnya, biasanya tepung terigu dicampur dengan tepung beras atau tepung sagu maupun tepung maizena.

Terkadang ada pula yang menambahkan baking powder supaya ayam goreng tepung lebih kriuk. Takaranya yang digunakan umumnya disesuikan dengan resep dan kebutuhan.

  1. Cermati ketebalan tepungnya

Ketebalan tepung juga dapat memengaruhi kerenyahan tekstur ayam goreng. Untuk itu, pastikan tepung pada potongan ayam tidak terlalu tebal atau terlalu tipis. Kamu dapat mencubit-cubit permukaan ayam supaya tepung pelapisnya lebih kriuk. Setelah itu, segera goreng ayam yang sudah dilumuri tepung agar renyah tahan lama.

  1. Goreng di suhu yang tepat

Gunakan minyak dengan titik asap yang tinggi, seperti minyak kanola atau minyak kacang untuk menggoreng ayam. Selanjutnya, panaskan minyak hingga suhunya mencapai 168 derajat celcius. Suhu tersebut merupakan suhu terbaik untuk menggoreng ayam, karena dapat menghasilkan tekstur luar yang garing serta daging yang empuk dan lembut.

Jika tidak ada termometer untuk mengukur suhunya, maka kamu harus mengatur apinya. Pertama, goreng ayam di api kecil terlebih dulu. Bila ayam mulai matang, coba besarkan sedikit apinya supaya tepungnya renyah. Jika sudah, angkat lalu tiriskan minyaknya.

Sumber : https://www.kompas.com/food/read/2021/06/28/101100275/5-cara-membuat-ayam-goreng-tepung-agar-renyah-tahan-lama?page=all#page2.
(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *