BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

5 Bahan untuk Hilangkan Bau Amis pada Seafood dan Ikan

(NS7) – Seafood dan ikan dapat dikreasikan menjadi beragam hidangan. Sayangnya protein ini beraroma amis, sehingga memerlukan perlakuan khusus dalam mengolahnya. Sebelum dimasak, biasanya seafood atau ikan dimarinasi atau direndam dulu dengan bahan asam untuk meminimalis baunya.
Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengurangi bau amis pada seafood dan ikan.

1. Jeruk nipis dan lemon  Jeruk nipis dan lemon dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan seafood, seperti dilansir dari Epicurious. Cara menggunakannya, yakni dengan menggunakan bahan tersebut untuk memarinasi ikan atau hidangan laut lainnya.
Proses marinasi dapat dilakukan selama beberapa menit. Tergantung jenis ikan dan seafood yang diolah.

2. Belimbing wuluh Dalam artikel Kompas.com (20/04/2017), Corporate Chef Parador Hotels & Resorts Gatot Susanto menjelaskan bahwa bau amis pada ikan pun dapat dihilangkan dengan belimbing wuluh. Bahan ini bisa menjadi alternatif jika tidak punya jeruk nipis atau lemon. Selain itu, kamu pun bisa memakai daun jeruk untuk mengurangi bau amis ikan dan seafood.

3. Cuka  Kandungan asam pada cuka dapat membantu menghilang bau amis pada seafood, melansir dari Life Hacker. Namun kamu tak boleh menggunakannya terlalu banyak karena berpotensi memengaruhi rasanya. Cukup gunakan sekitar setengah sampai satu sendok teh, atau sesuai kebutuhan.

4. Susu Melansir dari Epicurious, protein pada susu dapat mengikat senyawa yang bisa menyebabkan bau amis pada ikan maupun seafood. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan susu untuk menghilangkan bau amisnya.

5. Saus tartar Dalam laman Life Hacker juga disebutkan bahwa saus asam seperti tartar pun bisa dimanfaatkan untuk mengurangi bau amis pada seafood. Metode penggunaannya sama seperti jeruk nipis atau lemon, yakni untuk memarinasi bahannya. (agp/gs)

Source : https://www.kompas.com/

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF