BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

4 Manfaat Sarapan Pisang dan Air Hangat, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Denpasar, (NS7) – Pisang, ternyata punya manfaat sehat saat dikonsumsi bersama air hangat. Sarapan air hangat dan pisang setiap pagi bahkan mampu turunkan berat badan.

Pisang si buah berwarna kuning yang punya rasa manis ini memiliki kandungan nutrisi yang begitu padat. Pada sebuah pisang berukuran sedang bahkan terkandung 25,8 miligram karbohidrat, 1,2 gram protein, 0,7 gram serat, 8 milligram kalsium, 0,2 gram lemak serta kalori yang hanya sebesar 99 kkal.

Kandungan mineral yang padat ini membuat pisang banyak dipilih sebagai sarapan padat nutrisi yang cepat dan sederhana. Tidak hanya kandungan mineralnya saja, pisang juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C dan juga air yang membantu tubuh untuk tetap terhidrasi.

Memadukan sebuah pisang dengan air hangat setiap hari untuk sarapan ternyata memiliki banyak manfaat sehat untuk kesehatan tubuh. Menu sarapan yang bernutrisi ini juga sangat cocok untuk kamu yang punya banyak aktivitas sehingga tak punya waktu banyak untuk sarapan tetapi tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Berikut ini ada 4 manfaat sarapan pisang dan air hangat yang dikutip melalui Healthy and Pretty:

1. Alternatif Sarapan Cepat

Bagi banyak orang sarapan seringkali dianggap kurang penting sehingga banyak dilewatkan. Padahal sarapan punya peran yang sangat penting terutama bagi mereka dengan aktivitas yang begitu padat agar tetap berenergi sepanjang hari.

Waktu sarapan juga menjadi waktu dimana tubuh mendapatkan nutrisi pertama kalinya setelah bangun tidur sehingga tidak boleh ditinggalkan. Menyiapkan sebuah pisang dan air hangat ini menjadi sarapan alternatif yang mengenyangkan, bernutrisi dan tidak akan menyita banyak waktu.

Air hangat membantu tubuh untuk tetap terhidrasi dan berperan untuk membangunkan metabolisme tubuh setelah bangun tidur sedangkan pisang menjadi asupan nutrisi pertama untuk tubuh di pagi hari. Kandungan nutrisi yang padat dapat membuat pisang menjadi bahan bakar yang sangat baik untuk tubuh di pagi hari.

2. Asupan Nutrisi Penting

Sarapan yang cukup sebelum beraktivitas juga sangat membantu untuk menjaga kebugaran dan berkonsentrasi dengan baik. Sarapan juga sangat baik untuk ‘membangunkan’ pencernaan di pagi hari. Memilih makanan yang padat nutrisi, seperti pisang salah satunya menjadi cara terbaik untuk memenuhi asupan nutrisi penting yang akan dibutuhkan tubuh seharian penuh.

Konsumsi pisang yang padat nutrisi saat sarapan akan membantu tubuh lebih mudah menyerap nutrisi yang berasal dari makanan-makanan selanjutnya. Menurut penelitian, orang yang tak pernah meninggalkan sarapan telah terbukti lebih mampu menyerap nutrisi dan vitamin penting dalam makanan dibandingkan mereka yang selalu melewatkan sarapan.

Sarapan ringkas dengan sebuah pisang dan segelas air juga disarankan untuk tetap konsumsi sarapan di tengah pagi yang sibuk. Pisang yang tak butuh alat bantu untuk konsumsinya bahkan disarankan untuk dibawa sebagai bekal perjalanan jika tak ada waktu untuk memakannya di rumah.

3. Meningkatkan Metabolisme

Kandungan nutrisi dalam pisang yang begitu padat ternyata memiliki peran untuk memperlancar pencernaan. Konsumsi pisang secara rutin juga dikaitkan dengan peningkatan metabolisme yang lebih baik bagi tubuh.

Saat mengonsumsi pisang dengan segelas air hangat cara ini akan memudahkan tubuh untuk mencerna serat pisang dengan lebih baik. Air hangat juga dikatakan sebagai suhu air yang paling tepat di pagi hari karena lebih cocok dengan suhu tubuh ketika bangun tidur.

Minum air dingin sesaat setelah bangun tidur juga tidak disarankan karena dapat mengganggu kondisi perut ketika perut masih kosong dan belum terisi makanan. Konsumsi air hangat juga dikatakan lebih ampuh untuk ‘membangunkan’ metabolisme setelah tidur malam yang panjang.

4. Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi sarapan yang baik dan padat nutrisi dapat menghindari keinginan untuk ngemil makanan yang tidak sehat sepanjang hari. Efeknya tubuh akan menerima kalori secukupnya dan tidak terjadi penumpukan akibat konsumsi makanan yang tidak sehat dan berlebihan.

Konsumsi pisang di pagi hari juga dikaitkan dengan rasa kenyang yang lebih lama dan kemampuan pisang untuk menahan rasa lapar. Selain itu, pisang juga dapat mencegah penyerapan glukosa yang berlebihan sehingga dianggap ideal sebagai buah untuk diet.

Rasa manis alami yang terkandung di dalam pisang tidak membuat penumpukan glukosa dan kalori berlebihan dalam tubuh. Tentunya diimbangi dengan makan sehat dan olahraga yang cukup, konsumsi pisang dapat menstimulasi penurunan berat badan dengan cepat.

Sumber : detik.com
(GC)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF