BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

3 Penyebab Bersin dan Cara Mengatasinya

Denpasar, NS7 – Bersin adalah refleks tubuh berupa keluarnya udara yang kuat dari mulut dan hidung. Saat bersin, udara yang didorong keluar dari hidung bisa memiliki kecepatan puluhan kilometer per jam. Orang yang bersin biasanya juga secara otomatis menutup matanya sementara selama beberapa detik. Bersin yang sekilas terasa mengganggu ini ternyata merupakan cara tubuh menghilangkan iritasi dari hidung atau tenggorokan. Kenali beberapa penyebab kenapa orang bersin berikut.

Penyebab bersin

Melansir Verywell Health, bersin biasanya identik dengan alergi. Tapi, sebenarnya ada beberapa penyebab bersin, antara lain:

  • Alergi

Alergi seperti debu, serbuk sari, bulu, jamur bisa jadi penyebab kenapa orang sering bersin. Ketika terjadi alergi, sel alergi di selaput lendir hidung segera melepaskan zat histamin. Histamin tersebut bekerja pada berbagai saraf di dalam selaput lendir hidung dan menjadi biang bersin.

  • Infeksi

Infeksi virus atau bakteri yang menyerang saluran pernapasan seperti flu juga bisa jadi penyebab bersin terus-menerus. Saat flu, orang jadi pilek dan produksi lendir di meningkat. Lendir tersebut bisa merangsang berbagai saraf di selaput lendir dan memicu bersin.

  • Iritan dan pemicu lainnya

Selain alergi dan infeksi, bersin terkadang disebabkan paparan iritan seperti lada, bau menyengat, asap rokok, sinar matahari, atau udara dingin di pagi hari. Paparan iritan tersebut dapat memengaruhi saraf di dalam selaput lendir hidung dan menyebabkan bersin.

Cara mengatasi bersin

Melansir Healthline, cara mengatasi bersin terus-menerus perlu disesuaikan dengan penyebab mendasarnya. Untuk mencegah bersin terus-menerus, pastikan Anda membersihkan debu dan rontokan bulu di ruangan secara berkala. Selain itu, pastikan seprei dan saringan udara di rumah juga dibersihkan sampai tuntas, serta menghindari segala hal yang memicu alergi. Untuk mengatasi bersin karena alergi, coba konsultasikan ke dokter untuk memakai obat antialergi yang pas. Jika bersin terkait dengan infeksi seperti pilek atau flu, coba gunakan semprotan hidung, atau minum obat untuk meredakan hidung tersumbat, dan jangan lupa banyak istirahat.

Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah
Sumber : Kompas.com
(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *