BaliDigital.id

'Literasi Digital dari Bali untuk Negeri'

10 Cara Mengatasi Penyakit Jantung sesuai Jenisnya

Denpasar, N7 – Penyakit jantung adalah masalah kesehatan yang masih menjadi momok karena tak jarang berdampak fatal. Perlu diketahui, jantung adalah organ vital yang berfungsi untuk mengumpulkan serta memompa darah kaya oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa jenis penyakit jantung yang jamak diderita, antara lain:

  • Penyakit jantung koroner
  • Gangguan irama jantung atau aritmia
  • Penyakit jantung bawaan
  • Penyakit katup jantung
  • Penyakit otot jantung
  • Infeksi jantung

Setiap jenis penyakit jantung memiliki tanda gejala dan penyebab yang berlainan. Secara umum, saat organ vital ini bermasalah, penderita akan merasakan tanda penyakit jantung seperti sakit dada, sesak napas, sakit kepala, lemas, sampai ingin pingsan. Penyakit jantung lebih mudah disembuhkan apabila terdeteksi sejak dini. Jadi, jika Anda merasakan gejala sakit jantung, segera konsultasikan ke dokter.

Terutama bagi orang yang memiliki faktor risiko penyakit jantung seperti berasal dari keluarga pengidap penyakit jantung, perokok, punya kolesterol tinggi, gula darah tinggi, dan tekanan darah tinggi. Berikut beberapa cara mengatasi penyakit jantung sesuai jenisnya yang perlu Anda ketahui:

  1. Angioplasti koroner dan stent

Melansir British Heart Foundation, angioplasti koroner adalah salah satu cara mengobati penyakit jantung koroner dengan fokus meningkatkan pasokan darah ke jantung. Prosedur medis ini dilakukan dengan menggunakan balon khusus yang ditiupkan perlahan-lahan ke pembuluh darah arteri koroner. Setelah itu, arteri tersebut dipasangi jaring baja tahan karat yang disebut stent. Dengan begitu, aliran darah yang tersumbat bisa kembali normal.

  1. Operasi bypass koroner

Operasi bypass koroner ditujukan untuk mengatasi penyakit jantung koroner yang tidak bisa ditangani angioplasti dan stent atau prosedur lainnya. Perawatan ini dilakukan dengan membuat jalur pintas baru sebagai pengganti pembuluh darah arteri koroner yang tersumbat. Caranya dengan mengambil sebagian pembuluh darah dari kaki, lengan, atau dada. Dengan operasi bypass koroner, aliran darah ke jantung yang sebelumnya terhambat bisa kembali normal.

  1. Ablasi

ablasi atau dikenal dengan ablasi kateter bertujuan untuk mengontrol atau memperbaiki gangguan irama jantung (aritmia). Cara mengatasi penyakit jantung ini dilakukan dengan memblokir aliran listrik di jantung. Tindakan medis ini memanfaatkan panas (ablasi frekuensi radio) atau pembekuan (cryoablasi) di area jantung.

  1. Kardioversi

Kardioversi bertujuan untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal (aritmia) ke pola normal. Tindakan medisnya dilakukan dengan mengirimkan sinyal listrik ke jantung melalui elektroda yang dipasang di dada. Perawatan kardioversi cukup singkat, biasanya hanya berlangsung sekitar 10 menit.

  1. Penggunaan implantable cardioverter defibrillator (ICD)

ICD atau implantable cardioverter defibrillator adalah perangkat kecil yang digunakan untuk mengatasi penyakit jantung aritmia. Umumnya, dokter menyarankan pemasangan defibrilator untuk penderita gangguan irama jantung yang rentan terkena serangan jantung. Alat ini bekerja dengan mengirimkan denyut listrik untuk mengatur irama jantung yang tidak normal.

  1. Pemasangan alat pacu jantung

Alat pacu jantung adalah perangkat listrik kecil yang dipasang di dada atau perut. Alat ini digunakan untuk mengatasi gangguan irama jantung jenis bradikardia atau detak jantung terlalu lambat. Alat pacu jantung bekerja dengan mengirimkan sinyal listrik agar jantung bisa berdetak lebih teratur atau ajek. Alat ini menggantikan peran simpul sinus jantung yang mengalami gangguan atau tak normal.

  1. Transcatheter Aortic Valve Implantation (TAVI)

Prosedur transcatheter aortic valve implantation (TAVI) adalah opsi cara mengatasi gangguan katup jantung. TAVI biasanya dianjurkan untuk memperbaiki katup jantung kalangan lansia atau pasien yang kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk menjalani operasi katup jantung. Tindakan medis ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil di pangkal paha atau dada untuk memasukkan kateter (tabung tipis flesibel). Kateter lantas digunakan untuk menanam katup aorta baru di jantung yang berdetak.

  1. Operasi katup jantung

Opsi cara mengatasi penyakit jantung jenis gangguan katup jantung lainnya yakni operasi katup jantung. Jantung manusia memiliki empat katup. Tugas setiap katup ini memastikan darah mengalir melalui jantung ke arah yang benar. Gangguan katup jantung bisa berupa katup tidak terbuka sepenuhnya, katup tidak menutup dengan benar, atau katup jantung bocor. Operasi katup jantung dapat mengatasi gangguan jantung ini dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

  1. Terapi obat penyakit jantung

Melansir WebMD, sejumlah obat-obatan dapat membantu mengendalikan gejala penyakit jantung, mencegah, atau mengobati penyakit jantung sesuai jenisnya. Ada obat yang digunakan untuk melebarkan pembuluh darah, mengurangi bahan kimia yang bisa mempersempit pembuluh darah, antiaritmia, mengencerkan darah, mengendurkan pembuluh darah, sampai mengontrol tekanan darah.

  1. Transplantasi jantung

Transplantasi jantung adalah tindakan medis mengganti jantung yang rusak dengan jantung yang sehat dari pendonor. Orang yang akan menjalani transplantasi jantung membutuhkan donor organ jantung yang pas. Operasi transplantasi jantung umumnya direkomendasikan bagi penderita gagal jantung parah yang sudah tidak merespons perawatan medis lainnya. Konsultasikan ke dokter terkait cara mengatasi penyakit jantung yang paling pas sesuai dengan jenis gangguan jantung dan kondisi kesehatan. Selain ikhtiar dengan perawatan medis, imbangi juga dengan mengatur pola makan selalu sehat, olahraga teratur, dan setop merokok.

Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah
Sumber : Kompas.com
(ACP)

Print Friendly, PDF & Email
   Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *